Tunggu, sedang memuat. . .

Cara Pesan Tiket Kereta Api Online

Thursday, October 6th, 2016 - Tiket Kereta

Cara Pesan Tiket Kereta Api Online – Dijaman yang serba canggih dan modern seperti sekarang ini, pemesanan atau pembelian tiket kereta api baik untuk kelas ekonomi, bisnis maupun eksekutif sudah dapat dilakukan secara online melalui perangkat smartphone, tablet atau laptop yang telah terhubung dengan jaringan internet.

Hal ini tentunya dapat memberikan kemudahan bagi para pengguna jasa transportasi atau bagi anda yang akan bepergian dengan menggunakan kereta api. Sistem pembelian tiket secara online ini lebih mudah, praktis dan cepat ketimbang anda harus berdesak-desakan mengantri di loket stasiun kereta api.

cara-pesan-tiket-kereta-api-online

Lalu, bagaimana cara pesan tiket kereta api online? Untuk lebih jelasnya, langsung saja kita simak langkah-langkahnya dibawah berikut ini.

  1. Pertama-tama kunjungi situs resmi PT. KAI dengan mengakses www.tiket.kereta-api.co.id pada browser di perangkat anda. Kemudian tentukan tanggal keberangkatan, stasiun kota asal dan stasiun kota tujuan anda. Isi juga data mulai dari jumlah penumpang sesuai dengan tingkatan usia (dewasa dan anak-anak usia dibawah 2 tahun). Lalu klik “Tampilkan”.
  2. Kemudian anda akan dibawah ke halaman yang berisi jadwal keberangkatan lengkap dengan harga tiket yang ditawarkan. Pilihlah salah satu daftar kereta sesuai dengan kelas dan harga yang anda inginkan dengan mengklik tombol “Boking”
  3. Setelah itu akan muncul data konfirmasi pemesanan tiket kereta api sesuai dengan data yang telah anda masukan pada proses pendaftaran poin pertama untuk memastikan datanya sudah benar, jika sudah benar, maka anda tinggal mencentang kotak kecil untuk memastikan anda setuju dan mematuhi semua persyaratan dan ketentuan reservasi dsb. Lalu, klik tombol “Lanjutkan”.
  4. Kemudian pada halaman selanjutnya, anda harus mengisi data penumpang secara lengkap dan pastikan anda memasukan alamat email dengan benar. Alamat email ini akan digunakan untuk mengirim e-tiket sesuai dengan pesanan anda. Jika sudah di isi dengan lengkap dan benar, anda tinggal mengklik tombol “Selanjutnya”.

Note :

Jika anda membawa penumpang dibawah umur yang masih belum memiliki kartu identitas, maka anda dapat memasukan NIK yang tertera pada Kartu Keluarga.

  1. Pada halaman selanjutnya, maka anda akan menemukan tampilan informasi terkait nama penumpang dan tempat duduknya. Anda dapat mengatur posisi tempat duduk anda dan penumpang yang anda bawa dengan mengklik tombol “Pindah”. Selanjutnya, anda tinggal menentukan metode pembayaran sesuai dengan matode yang anda inginkan. Metode pembayaran yang tersedia terdiri dari ATM, transfer bank, kartu kredit atau juga dapat dilakukan di Indomart dan kantor pos.
  2. Setelah anda menentukan metode pembayaran, maka catat kode pemesanan dan rincian pembayaran yang harus dibayarkan. Rincian tersebut akan anda butuhkan saat melakukan proses pembayaran.
  3. Setelah pembayaran dilakukan, maka verifikasi pembayaran akan secara otomatis dilakukan dan anda harus membawa struk pembayaran tersebut. Langkah terakhir yang harus anda lakukan yaitu melakukan print out tiket sendiri pada komputer yang telah disediakan di stasiun dengan memasukan kode pemesanan yang tertera pada struk pembayaran. Pastikan anda sudah tiba minimal setengah jam sebelum keberangkatan untuk mengantisipasi antrian panjang saat akan melakukan print out.
  4. Pada saat anda masuk ruangan tunggu, maka anda akan diminta oleh petugas untuk menunjukan kartu identitas dan tike yang telah anda print.

Note :

Pemesanan tiket kereta api secara online ini hanya dapat dilakukan maksimal 4 hari sebelum keberangkatan dan maksimal hanya untuk 4 orang penumpang saja untuk satu kali pemesanan. Jadi, jika penumpang yang anda bawa lebih dari 4 orang, maka harus dilakukan pemesanan lebih dari 1 kali.

Demikianlah cara pesan tiket kereta api online, semoga apa yang kami sampaikan diatas dapat bermanfaat untuk anda semua dan sampai jumpa.

Cara Pesan Tiket Kereta Api Online | admin | 4.5